4 Prinsip Utama Total Quality Management (TQM)
Ada 4 prinsip utama dari TQM menurut Hensler dan Brunell, antara lain (Masinambow et al., 2019).
1. Kepuasan Pelanggan
Konsep akan kualitas dalam TQM memiliki kaitan erat dengan pelanggan.Di sini, kualitas tidak lagi hanya berpatokan pada spesifikasi-spesifikasi tertentu, tetapi kualitas tersebut juga ditentukan oleh pelanggan. Maka, segala aktivitas perusahaan harus dikoordinasikan dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan: memuaskan para pelanggan. Selain itu, kualitas yang diberikan suatu perusahaan berbanding lurus dengan peningkatan value yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup pelanggan. Sehingga semakin tinggi value yang mampu diberikan oleh perusahaan, maka semakin besar pula kepuasan para pelanggan.
2. Respek terhadap Setiap Orang
Dalam perusahaan (terutama dengan kualitas kelas dunia), setiap karyawan merupakan individu dengan talenta dan kreativitas uniknya masing-masing. Oleh karena itu, respek terhadap setiap orang dalam organisasi perlu dilakukan, seperti memperlakukannya dengan baik hingga memberi kesempatan untuk terlibat dan berpartisipasi di dalam tim untuk pengambilan keputusan.
3. Manajemen Berdasarkan Fakta
Perusahaan kelas dunia mengedepankan fakta dalam setiap pengambilan keputusan dengan menggunakan data sebagai dasarnya, tidak sekedar hanya berorientasi pada perasaan ataupun opini. Dua konsep pokok yang berkaitan dengan poin ini ialah.
a) Prioritas (prioritization), yakni suatu konsep bahwa improvement pada semua aspek tidak bisa dilakukan di saat yang bersamaan karena keterbatasan sumber daya yang ada. Untuk itu, penggunaan data diharapkan dapat membantu tim dalam memanajemen organisasi untuk memfokuskan usahanya pada situasi tertentu yang bersifat vital.
b) Variasi (variation), yaitu data statistik dapat memberikan gambaran mengenai variasi kinerja manusia yang merupakan bagian yang wajar dari setiap sistem organisasi. Mengacu pada data variasi sumber daya manusia di perusahaan, manajer dapat memprediksi hasil dari setiap keputusan dan tindakan yang perlu dilakukan.
4. Perbaikan Berkesinambungan
Setiap perusahaan perlu menyelenggarakan proses sistematis dalam melaksanakan perbaikan berkesinambungan agar kesuksesan dapat tercapai. Konsep yang berlaku di sini ialah siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA), yang terdiri atas langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan rencana, pemeriksaan hasil pelaksanaan rencana, dan tindakan korektif terhadap hasil yang diperoleh.
Post a Comment for "4 Prinsip Utama Total Quality Management (TQM)"