Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Pengertian Tanah menurut Para Ahli

1. Sarwo Hardjowigeno
 tanah adalah sebagai kumpulan benda-benda alam di permukaan bumi yang tersusun dalam Horizon Horizon terdiri dari campuran bahan material bahan organik air dan udara serta merupakan media untuk pertumbuhan tanaman.
2. Ensiklopedia Indonesia
Tanah adalah campuran bagian-bagian batuan dengan material serta bahan-bahan organik sisa kehidupan yang timbul pada permukaan bumi Akibat erosi dan Lapuk karena posisi waktu.
3. Marbut(Kepala Penelitian Tanah Amerika Serikat)
Tanah adalah bagian terluar dari kulit bumi yang biasanya dalam keadaan lepas-lepas lapisannya bisa sangat tipis dan bisa sangat tebal kira-kira lebih dari 10 kaki titik perbedaan dengan lapisan di bawahnya adalah dalam hal warna struktur sifat fisik komposisi kimia sifat biologis proses kimia dan morfologinya.

4. Dokuchaev(Ahli Tanah dari Rusia)
Tanah adanya lapisan permukaan bumi yang berasal dari material induk yang telah mengalami proses lanjut titik karena perubahan alami di bawah pengaruh air udara dan macam-macam organisme baik yang masih hidup maupun yang telah mati titik tingkat perubahan terlihat pada komposisi struktur dan warna dari hasil pelapukan.
5. Hilgard(Ahli Tanah dari Amerika)
Tanah adalah material yang lepas lepas dan agak kering yang dipakai untuk tempat akar tanaman dalam mencari makan Dan sebagai sarana pertumbuhan tanaman.
6. Joffe
Tanah adalah benda alam yang berlapis-lapis yang tersusun dari mineral dan bahan organik biasanya dalam keadaan lepas-lepas pada kedalaman yang bermacam-macam morfologinya berbeda dengan material induknya yang terletak di bawahnya berbeda pula dengan sifat dan susunannya sifat kimia komposisi serta sifat biologisnya.
7. Kamus Umum
Tanah adalah lapisan permukaan tanah yang gembur seperti hanyalah and debu dari bumi.
8. Isa Darmawijaya
Tanah sebagai akumulasi tubuh alam bebas menduduki sebagian besar permukaan planet bumi yang mampu menumbuhkan tanaman dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak sebagai bahan induk dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu pula.

Adapun komponen yang menyusun tanah terdiri atas 5 macam yaitu sebagai berikut:
a. Partikel mineral berupa fraksi anorganik sebagai hasil dari pembakaran bahan-bahan batuan dan organik yang terdapat di permukaan bumi yang jumlahnya kira-kira 45%
b. Bahan anorganik yang berasal dari sisa-sisa tanaman dan binatang serta berbagai hasil kotoran binatang jumlahnya kira-kira 5%
c. Komponen air yang jumlahnya kira-kira 20 sampai 30%
d. Komponen udara dalam tanah atau air jumlahnya antara 20 sampai 30%
e. Kehidupan jasad renik

3 comments for "Pengertian Tanah menurut Para Ahli "

  1. sangat bermanfaat bang, ijin tanya kenapa sering ada perbedaan kekuatan tanah ssatu dengan tanah lain misal di pegunungaan A tanahnya mudah turun sedangkan di pegunungan B tanah turunya lambat makasih

    ReplyDelete
  2. Jadi inget pelajaran waktu kuliah hehe

    ReplyDelete
  3. Pengertian Tanah menurut Para Ahli

    ReplyDelete
https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12