Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Faktor Sebaran Flora

Keberadaan tumbuhan di permukaan bumi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu klimatik (iklim), fisiografi, edafik (tanah), dan biotik.
1. Faktor iklim
Faktor iklim yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna meliputi cahaya matahari suhu curah hujan angin dan kelembaban iklim dapat dijadikan patokan dasar dalam mengemukakan perbedaan jenis vegetasi.

2. Faktor Fisiografi
Bentuk permukaan bumi yang beragam seperti pegunungan dapat menghambat penyebaran tumbuhan. Selain itu, kemiringan lereng juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman titik lereng yang membelakangi sinar matahari pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan kondisi sebaliknya.

3. Faktor Tanah(Edafik)
Jenis tanah yang berbeda akan mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup pada permukaan lahan. misalnya, tanah vulkanik di Jawa akan menyebabkan perbedaan jenis tumbuhan dengan tanah kapur di Papua selain itu faktor tanah seperti struktur komposisi kimia kelembaban tanah juga mempengaruhi jenis tumbuhan.

4. Faktor Makhluk Hidup
Tumbuhan yang memiliki daya adaptasi kuat akan menghambat tumbuhan yang lain yang memiliki daya adaptasi yang lemah sehingga mendominasi pada suatu wilayah tertentu.organisme cacing dapat menyuburkan tanah sehingga mempengaruhi jenis tanaman pada permukaan bumi Selain itu, manusia pun terkadang berperilaku tidak baik dalam menjaga kelestarian alam. Manusia dapat merusak tanaman yang terdapat di hutan dengan cara pembalakan liar dampak negatif kerusakan berupa ekosistem buatan sehingga menurunkan atau menghilangkan fungsi hutan.

Media penyebaran tumbuhan
1. Angin
Angin dapat membawa daun-daun, batang atau ranting pohon. Selain itu angin juga dapat membawa biji dan buah.
Spora dapat terangkut ratusan mil karena spora ukurannya sangat kecil sehingga mudah terangkut oleh angin. Spora memiliki ketahanan terhadap suhu rendah dan kekeringan. Spora dapat bertahan hidup lebih lama. Adapun biji biji tumbuhan yang dapat terangkut angin misalnya biji pinus biji kapas rumput atau rumput angin terbawa angin mengandung biji biji biasanya terdapat di daerah gurun(daerah yang menerima curah hujan yang sedikit).
2. Air
Biji-bijian menyebar melalui air titik biji mengapung diatas air sampai berkecambah titik biji-bijian yang kuat akan tahan terhadap air sehingga tidak mudah busuk.
3. Es/Gletser
Penyebaran ini terjadi jika biji atau tumbuhan terperangkap dalam es terbawa ratusan mil sampai es mencair di daerah lain.
4. Hewan
Penyebaran tumbuhan melalui hewan ini terdiri atas dua jenis yaitu sebagai berikut
a. Eksternal yaitu dengan cara menempel pada bulu atau tubuh hewan yang disebut pengangkutan ektozoik
b. Internal yaitu dengan cara memakan biji yang disebut endozoik seperti burung dengan cara memakai biji-bijian karena dapat memakan biji-bijian kemudian dengan bulunya ektozoik penyebaran akan lebih efektif serangga dapat menyebarkan spora jamur.
5. Manusia
Penyebaran ini termasuk hal-hal yang efektif karena dapat memindahkan tumbuhan dengan sangat cepat dan dalam jarak yang sangat jauh akan dapat melewati lautan.

1 comment for "Faktor Sebaran Flora"

  1. Nice infonya gan, jadi nambah wawasan ilmu pengetahuan..

    ReplyDelete
https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12