Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Material Polimer Mutakhir 2DPA-1

Polimer 2DPA-1 merupakan material polimer yang diciptakan oleh insinyur kimia di MIT pada tahun 2022. Bahan polimer baru ini merupakan polimer dua dimensi yang membentuk lembaran. Bentuknya yang berupa lembaran ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh 2DPA-1. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar polimer membentuk rantai satu dimensi seperti spageti dan selama puluhan tahun belum pernah ada yang dapat membuat lembaran polimer.

Polimer Mutakhir 2DPA-1

Namun, dalam studi terbaru, ditemukan bahwa terdapat proses polimerisasi yanag memungkinkan terbentuknya lembaran dua dimensi yang disebut poliaramida. Pada proses ini, digunakan senyawa melamin yang mengandung cincin atom karbon dan nitrogen. Penambahan senyawa melamin ini memungkinkan monomer yang menyusun polimer dapat tumbuh di dalam dua dimensi dan membentuk cakram. Cakram-cakram yang terbentuk ini nantinya akan menumpuk dan menyatu karena adanya ikatan hidrogen antar lapisan, dimana ikatan hidrogen ini nantinya akan membuat stuktur polimer menjadi sangat stabil dan kuat. Mekanisme pembentukan lembaran dua dimensi ini terjadi secara spontan dalam larutan, sehingga 2DPA-1 dapat dibuat dalam jumlah besar.


Selain keunggulan berupa bentuknya yang lembaran, peneliti menemukan bahwa modulus elastisitas 2DPA-1 empat sampai enam kali lebih besar daripada kaca peluru dan gaya yang diperlukan untuk mematahkan 2DPA-1 dua kali lipat lebih besar dibandingkan baja. Padahal, densitas dari 2DPA-1 hanya seperenam baja. Hal tersebut menjadikan 2DPA-1 mendapatkan julukan material seringan plastik tetapi lebih kuat dari baja. Keunggulan lainnya adalah 2DPA-1 tidak dapat ditembus oleh gas. Hal ini menjadikan 2DPA-1 sangat baik jika diaplikasikan sebagai bahan untuk coating.

Berdasarkan sifat-sifat unggulnya, 2DPA-1 dapat digunakan sebagai pelapis yang ringan untuk beberapa bagian mobil atau ponsel. Selain itu, diharapkan kedepannya 2DPA-
1 ini mampu digunakan sebagai bahan bangunan karena kekuatannya yang sangat tinggi (Zeng et al., 2022).

Post a Comment for "Material Polimer Mutakhir 2DPA-1 "

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12