Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Hempcrete Material Bangunan Ramah Lingkungan

Material bahan bangunan biasanya terbuat dari beton. Beton merupakan campuran antara semen Portland atau hidraulik lain, agrerat halus dan kasar, air, atau tanpa bahan campuran. Beton semen ini bersifat getas, mempunyai kuat tekan tinggi namun kuat tariknya rendah. Beton memiliki kelebihan di antaranya harga relative murah, mudah diangkut dan dicetak, dan biaya perawatannya murah. Akan tetapi menurut penelitian beton yang berasal dari semen ini tidak baik untuk kesehatan dikarenakan terdapat kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Semen basah dan beton mengandung bahan alkali seperti kalsium oksida yang bersifat korosif terhadap jaringan tubuh manusia, serta crystalline silica yang bersifat abrasive ke kulit juga dapat merusak paru-paru. Selain itu, kandungan kromium di dalamnya juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu diperlukan bahan material terbaru yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia dan lebih ramah lingkungan.

Beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai mencari konstruksi berkelanjutan. Konstruksi berkelanjutan ini mengarah pada pencarian material baru yang bersifat lebih ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Salah satu material yang memiliki sifat fisik yang sesuai dan ramah lingkungan adalah beton dari serat hemp atau ganja industri. Material bangunan dari serat hemp ini disebut sebagai Hempcrete. Hempcrete itu sendiri terdiri dari serat tanaman ganja (Cannabis sativa L), kapur, dan air yang kemudian dibentuk beton atau batu bata. Serat ini sifat sangat kuat, ringan, memiliki insulasi termal dan akustik yang baik.

Cara pembuatan

1. Bahan

Bahan-bahan yang digunakan antara lain hemp hurd atau inti kayu dari tanaman hemp, Lime-based binder (BCB), dan air. Pada beberapa kasus digunakan pula sumber serat lain seperti pulp dari kertas bekas. Rasio campuran untuk bahan-bahan hempcrete sangat beragam. Rasio volume yang umum digunakan antara binder dengan hemp hurd adalah 1:1,5. Untuk dinding setebal 300 mm dibutuhkan cetakan kayu setebal 40-50cm, dengan komposisi campuran 100 liter hemp shivs, 25kg lime-binder dan 27 liter air.

2. Cara pembuatan

Hemp hurd dibersihkan dari debu dan kotoran. Lime-binder dan air dicampur secara menyeluruh sampai konsistensinya halus dan lembut. Kemudian tambahkan hemp hurd secara bertahap ke campuran lime binder dan air, kemudian diaduk sampai konsistensinya tercampur merata. Campuran kemudian dibiarkan dalam cetakan selama dua sampai tiga hari menit agar hemp hurd dapat menyerap bahan binder dan air secara merata kemudian mengeras. Hempcrete yang sudah mengeras kemudian diolesi dengan render atau plester berbahan dasar kapur untuk membuat permukaannya menjadi lebih halus.

Sifat Material

Hempcrete merupakan bahan mirip beton yang kuat namun ringan, sehingga mudah diangkut (Kosasih, 2016). Selain kuat dan ringan, material ini juga memiliki sifat anti pecah dan tentu ramah lingkungan karena bersifat zero carbon. Material ini 7 kali lebih kuat dan 2 kali lebih ringan dibanding beton biasa. Walaupun hempcrete memiliki bobot yang ringan, namun beton berbahan ini tetap mampu menahan beban yang berat. Kelebihan lainnya adalah lebih elastis dan lebih tahan retak.

Hempcrete merupakan isolator termal yang dapat mengatur suhu bangunan dimana material ini dapat memancarkan kehangatan dalam ruangan. Tingkat kelembaban yang rendah mengurangi kemungkinan muncul dan tumbuhnya jamur yang dapat mempengaruhi Kesehatan manusia. Hempcrete juga sangat ideal untuk digunakan di segala kondisi dan cuaca sehingga tidak ada masalah di terapkan di di banyak negara yang berbeda-beda iklim. Selain itu, material ini juga bersifat isolator akustik yang

mengurangi kebisingan sekitar dan juga memiliki kepadatan yang rendah sehingga ringan dan cocok digunakan di daerah rawan gempa karena memiliki ketahanan terhadap retakan di bawah gerakan. Hempcrete juga tahan terhadap api hingga 815 Celcius dan membutuhkan lebih sedikit energi untuk menghasilkannya. Jika dibandingkan dengan beberapa tumbuhan lainnya sebagai bahan bangunan, Hempcrete lebih unggul dibandingkan tumbuhan-tumbuhan lainnya.

Post a Comment for "Hempcrete Material Bangunan Ramah Lingkungan"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12