Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Rasulullah SAW Suri Tauladan Umat Islam

 Nama Nabi Muhammad SAW adalah nama yang selalu dikumandangkan dalam setiap azan dan iqomat, dalam setiap khutbah atau ceramah para khatib tidak lupa untuk mengajak para jamaah untuk menyampaikan sholawat dan salam kepada beliau, memohon kepada Allah agar nantinya mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.Kisah perjalanan hidup beliau banyak dibahas dalam kajian tentang sirah nabawiyah.Ummat Islam meyakini bahwa Rasulullah adalah percontohan yang paling sempurna (uswatun hasanah) yang harus ditauladani dalam kehidupan sehari-hari (Q.S 33: 21).Nabi Muhammad SAW diposisikan sebagai pribadi yang sangat agung dan mulia di dalam berbagai hal termasuk sebagai figur pemimpin,sebagaimana firman Alah SWT dalam Q.S 9: 128-129.Tiga macam sifat yang melekat pada diri Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin, yaitu: 

1) berempati terhadap kesulitan orang lain, 

2) memiliki kemauan yang kuat untuk mengangkat harkat dan martabat manusia dan

3) penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.

Rasululllah SAW memiliki beberapa sifat dasar yang agung sifat tersebut antara lain;

a. Pertama: Al-Basyariyah (manusia biasa)

Rasulullah SAW adalah manusia biasa seperti umatnya. Perbedaannya adalah Allah memberikan wahyu untuk disampaikan kepada umatnya.

b. Kedua: Al-’Ishmah (terpelihara dari kesalahan)

Oleh karena Rasululah SAW adalah manusia biasa yang terpilih untuk menerima wahyu maka beliau dilebihkan Allah SWT yakni terpelihara dari kesalahan.

c. Ketiga: Ash-Shidiq (benar)

Orang yang membawa kebenaran tentu ia sendiri harus memiliki sifat shidiq sehingga apa yang disampaikannya dapat diterima manusia.

d. Keempat: Al-Fathanah (cerdas)

Kecerdasan Rasulullah SAW dapat dilihat dari jawaban yang diberikan kepada para sahabat maupun orang lain, cara Rasulullah SAW menyelesaikan masalah, ataupun dalam menyusun strategi dakwah dan siyasat dalam peperangan.

e. Kelima: Amanah (dipercaya)

Amanah secara umum berarti bertanggung jawab terhadap apa yang dibawanya, menepati janji, melaksanakan perintah, menunaikan keadilan, memberikan hukum yang sesuai dan dapat menjalankan sesuatu yang telah disepakati

f. Keenam: At-Tabligh (menyampaikan pesan)

Kewajiban Rasulullah adalah menyampaikan perintah dan larangan Allah kepada manusia, kemudian manusia bertanggungjawab dan berkewajiban pula menyampaikan risalah ini kepada siapapun yang mau menerimanya

g. Ketujuh: Al-Iltizam (komitmen)

Rasulullah SAW dan para sahabat selalu mencontohkan sikap untuk selalu komitmen terhadap Islam, walaupun diterpa cobaan yang bertubi-tubi

Post a Comment for "Rasulullah SAW Suri Tauladan Umat Islam"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12