Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Macam-Macam Sumber Ilmu Pengentahuan Menurut Islam Lengkap

Ilmu pengetahuan merupakan sarana manusia mengenal lingkungan dan tuhannya.Berbagai macam sumber ilmu pengetahuan bermunculan akibat dari berbagai macam hal.Berikut ini adalah macam macam sumber ilmu pengetahuan menurut islam secara lengkap: 

1. Insting

Manusia sejak lahir telah dibekali dengan pengetahuan bawaan yang di sebut instink. Pengetahuan ini tidak perlu dididikan atau diajarkan.

2. Indra

Lewat indra manusia penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, merupakan bagian dari sumber pengetahuan.

3. Akal

Mempergunakan akal pikiran, melahirkan pikiran rasional, bisa dipergunakan metode induktif, deduktif, kompratif, analitik dan seterusnya. Berpikir dapat menggunakan kaidah-kaidah berpikir rasional, atau mempergunakan ilmu logika atau manthiq.Al- Qur’an juga banyak mendorong berpikir seperti tertera pada Q.S.Ali-Imran(3):191.

4) Pengalaman

Al-Qur’an mengajak manusia untuk mempergunakan pengalaman baik pengalamannya sendiri maupun pengalaman orang lain yang bisa menjadi i’tibar

5) Intuitif

Salah satu jenis sumber pengetahuan yang sifat nonalitik. Pengetahuan yang di peroleh tanpa penalaran.

6) Qalbu

Qalbu juga adalah sumber pengetahuan dalam islam, titik tolaknya adalah rasa. Para sufi mempergunakan qalbu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

7) Wahyu

Wahyu diberikan Allah SWT kepada para Nabi atau Rasul, termasuk Nabi Muhammad SAW yang menerima wahyu, dan kemudian dibukukan dalam Al-Qur’an.Dari al Qur’an para mujtahid berijtihad tentang berbagai ilmu pengetahuan keagamaan.Al-Qur’an memberi penjelasan secara eksplisit tetapi kebanyakkan implisit.Wahyu adalah tuntunan yang diberikan Allah kepada para Hamba-Nya dan ciptaan-Nya dalam menjalankan fungsi kehidupannya di alam ini.

8) Mimpi

Ada mimpi yang merupakan sumber ilmu pengetahuan, bahkan bagi sebagian Rasul mimpi adalah wahyu, contohnya Nabi Ibrahim AS. Selain dari rasul bagi orang-orang tertentu ada yang di sebut Ar-ru’ya as-shidiqah (mimpi yang benar).

9) Anugerah Ilahi

Yaitu ilmu yang diberikan secara langsung kepada seseorang, misalnya Nabi Yusuf AS yang mampu menta’birkan mimpi.Kemampuan Nabi Khidir AS menjelaskan kepada Nabi Musa AS apa yang bakal terjadi di masa yang akan datang.

Post a Comment for "Macam-Macam Sumber Ilmu Pengentahuan Menurut Islam Lengkap"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12