Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Apa Perbedaan Kryo dengan Cortex Pada Penamaan Inti SoC Arsitektur ARM

 Kryo dan Cortex merupakan penamaan inti dari suatu SoC HP dalam industri teknologi telepon genggam.Sebagai contoh perusahaan SoC yang ada didunia seperti Qualcomm dengan Snapdragon nya, Mediatek dengan berbagai jenis prosesor nya, Samsung dengan SoC Exynos nya. Setiap SoC dalam produksi nya menggunakan arsitektur yang sama yaitu ARM . Arsitektur ini merupakan arsitektur untuk mobile teknologi. Perbedaan Kryo dengan Cortex penamaan inti SoC dibahas disini. 

Mengupload: 61813 dari 61813 byte diupload.

1. Kryo

Penamaan inti CPU Kryo "asli" memulai debutnya di Snapdragon 820/821 yang diperkenalkan pada tahun 2015 oleh Qualcomm. Jenis SoC ini adalah CPU quad-core 64-bit, yang dibangun dengan arsitektur ARMv8. CPU ini memiliki clock maksimal pada 2,2 GHz dan dibuat menggunakan proses LPP FinFET 14nm.

Pada tahun 2016, Qualcomm telah menandatangani kesepakatan baru dengan ARM pemilik dari arsitektur yang memungkinkan menggunakan CPU yang dirancang oleh ARM, namun dengan dua keuntungan penting yang didapatkan oleh Qualcomm dibandingkan pemegang lisensi inti Arm lainnya. Pertama, bisa memasarkan inti CPU di bawah mereknya sendiri yaitu Kryo. Kedua, ia akan mengatakan tentang desain inti CPU masa depan dan dapat meminta "tweak" untuk inti Kryo semi-kustomnya sendiri. Desain CPU semi-kustom pertamanya yang diperkenalkan adalah Kryo 485, yang dapat ditemukan di Snapdragon 855, tetapi lebih dari itu sebentar lagi.Akibat hal itu Qualcomm menandatangani Perjanjian lisensi baru yang diberi merek sebagai Built-on Cortex.

2. Cortex

Penamaan Cortex ini adalah nama yang diberikan oleh penciptanya sendiri yaitu ARM yang memberikan lisensi kepada perusahaan SoC agar dapat membuat CPU mereka sendiri. Pada zaman sekarang SoC memiliki jumlah inti sebanyak 8 atau yang dikenal sebagai Octa core 64 bit dengan arsitektur ARMv8 yang sudah berkembang cepat. 

Berikut ini perbandingan Penomoran antara Kryo dan Cortex

Untuk Variasi Tipe Kryo Gold

  • Kryo = kebiasaan Qualcomm
  • Kryo 2xx = Corteks-A73
  • Kryo 3xx = Corteks-A75
  • Kryo 4xx = Corteks-A76
  • Kryo 5xx = Corteks-A77
  • Kryo 6xx = Cortex-A78 dengan Cortex-X1 opsional
Untuk Variasi Tipe Kryo Silver

Kryo 2xx = Cortex-A53

Kryo 3xx,4xx,5xx,6xx = Cortex-A55


Post a Comment for "Apa Perbedaan Kryo dengan Cortex Pada Penamaan Inti SoC Arsitektur ARM"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12