Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Mekanisme Pembuatan Polimer Metode Calendering

 Calendering adalah sebuah teknik pembuatan lembaran atau film plastik dari material thermoplastik dengan cara melewatkan polimer halus yang dipanaskan diantara dua buah rol atau lebih. Biasanya roll untuk pengerjaan lembaran ini terdiri dari 4-5 roll utama dengan susunan yang bermacam-macam.

Proses calendering dibagi menjadi beberapa tahan antara lain

Skema Proses Calendering Material Plastik

• Compound preparation (Blending & Fluxing)

Butiran polimer dimasukkan ke dalam Power Blender untuk dicampur dan diaduk dengan stabilisator dan zat aditif lainnya, stabilisator yang biasa digunakan yaitu Ethylene Bis Stearamide. Pencampuran awal dilakukan hingga suhu 80°C, Setelah pencampuran kedua senyawa tersebut, selanjutnya campuran diumpankan ke mesin fluks, dapat dilakukan dalam banbury mixer atau continuous extruder. Fluks dilakukan pada suhu sekitar 150°C.

• Calendering process

Setelah proses fluks dan gelasi, baik two roll mill atau mesin extruder digunakan untuk membentuk untaian. Lelehan plastik dipertahankan dan dimasukkan ke dalam mesin kalender dengan Calender Roll yang telah dilapisi panas dengan suhu 140-160°C. Calender Roll meremas lelehan plastik menjadi lembaran datar. Proses kalender biasanya melibatkan penggunaan empat pasang rol atau lebih yang secara bertahap mengurangi ketebalan plastik, memoles permukaan, serta menambahkan tekstur atau membuat pola timbul ke dalam lembaran plastik.

• Embossing and laminating

Untuk membuat kulit plastik memiliki permukaan tekstur seperti butiran menonjol, lembaran panas yang berasal dari stripper roll dilewatkan di antara steel roll dan rubber roll yang membuat permukaan plastik teksturnya seperti butiran. Untuk melaminasi lembaran plastik lain menjadi lembaran kalender dengan kualitas yang lebih baik, dapat dilakukan dengan cara memasang lamination station pada embossing rolls.

• Cooling and winding of the sheet

Setelah lembaran tersebut lewat antara sepasang rol terakhir, selanjutnya akan didinginkan dan diumpankan ke atas cooling roll, kemudian melewati alat pengukur ketebalan sebelum selesai sempurna. Jika hasil akhir lembaran tersebut terlalu panas, akan memiliki kecenderungan menyusut selama proses pendinginan. Lembaran tersebut kemudian dipangkas sesuai lebar yang dibutuhkan dan ditumpuk. Tepi lembaran yang dipangkas dapat didaur ulang.Contoh produk dengan proses calendering : Pembuatan lembaran untuk jas hujan; lembaran palstik untuk alas.

Proses calendering memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan proses pembuatan polimer lainnya. Salah satu keuntungan utamanya adalah kemampuan untuk menghasilkan lembaran atau film polimer yang tipis dan seragam. Hal ini membuat proses calendering cocok untuk produksi kemasan dan bahan pelapis.

Selain itu, proses calendering juga memungkinkan penambahan aditif ke dalam bahan baku polimer secara tepat dan seragam. Aditif dapat meningkatkan sifat fisik dan kimia polimer, seperti kekuatan dan ketahanan terhadap suhu dan cahaya. 

Post a Comment for "Mekanisme Pembuatan Polimer Metode Calendering"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12