Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Apa itu Batuan Sedimen,Jenis-Jenis dan Contoh Batuan Sedimen

 Batuan sedimen adalah salah satu jenis batuan yang terbentuk dari pengendapan dan konsolidasi material sedimen, seperti pasir, lumpur, dan batuan kecil lainnya, yang terakumulasi selama jangka waktu yang sangat lama di suatu tempat tertentu, seperti di sungai, danau, atau laut. Berikut ini adalah beberapa contoh batuan sedimen beserta penjelasannya:

1. Batu Pasir (Sandstone): 

Contoh batu pasir (Sandstone)

Batu pasir adalah batuan sedimen yang terbentuk dari pengendapan dan konsolidasi butiran pasir yang terakumulasi selama jangka waktu yang lama dan ditemukan pada daerah yang berpasir. Batu pasir umumnya terdiri dari butiran pasir yang terikat oleh bahan pengikat, seperti mineral kuarsa atau feldspar. Contoh batu pasir yang terkenal adalah Batu Pasir Antelope Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

2. Batu Lumpur (Mudstone): 

Batu Lumpur adalah batuan sedimen yang terbentuk dari pengendapan dan konsolidasi partikel lempung atau tanah liat yang terakumulasi selama jangka waktu yang lama. Batu Lumpur umumnya terdiri dari partikel lempung dan mineral-mineral kecil yang terikat oleh bahan pengikat, seperti kalsit atau pirit. Contoh batu lumpur yang terkenal adalah batu lumpur shale, yang merupakan batuan induk bagi banyak sumber daya alam, seperti minyak bumi dan gas alam.

3. Batu Kapur (Limestone): 

Batu kapur adalah batuan sedimen yang terbentuk dari pengendapan dan konsolidasi partikel-partikel kecil, seperti partikel karbonat yang terakumulasi selama jangka waktu yang lama. Batu kapur umumnya terdiri dari mineral kalsit atau aragonit dan seringkali mengandung fosil-fosil dari organisme laut. Contoh batu kapur yang terkenal adalah Candi Borobudur di Indonesia.

4. Batu Konglomerat (Conglomerate): 

Batu konglomerat adalah batuan sedimen yang terbentuk dari pengendapan dan konsolidasi batuan-batuan kecil, seperti batu sungai, kerikil, dan pasir yang terakumulasi selama jangka waktu yang lama. Batu konglomerat umumnya terdiri dari butiran-butiran yang terikat oleh bahan pengikat, seperti mineral kuarsa atau feldspar. Contoh batu konglomerat yang terkenal adalah Batu Konglomerat Red Rock Canyon di Nevada, Amerika Serikat.


Post a Comment for "Apa itu Batuan Sedimen,Jenis-Jenis dan Contoh Batuan Sedimen"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12