Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Pembagian Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

 Lebih dari 70% bagian bumi adalah lautan hanya sedikit dari keseluruhan lautan yang telah diketahui dan dipelajari manusia sisanya masih menjadi misteri dan masih diteliti lebih lanjut .Pembagian zona laut dapat dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kedalamannya, yaitu:

Zona Fotik laut

1. Zona Epipelagik atau Zona Fotik (0-200 meter)

Zona ini terletak pada kedalaman 0-200 meter dan merupakan lapisan teratas dari laut yang terkena sinar matahari secara langsung. Di zona ini, cahaya matahari masih bisa menembus dan cukup terang sehingga memungkinkan terjadinya fotosintesis oleh fitoplankton. Karena cahaya masih cukup terang, banyak spesies laut seperti ikan, udang, dan krustasea yang hidup di zona ini.

2. Zona Mesopelagik atau Zona Batial (200-1000 meter)

Zona ini terletak pada kedalaman 200-1000 meter dan merupakan lapisan tengah laut di mana cahaya matahari mulai berkurang. Di zona ini, spesies yang hidup lebih sedikit dan biasanya berukuran lebih besar seperti hiu dan paus. Beberapa spesies ikan juga bisa berenang naik-turun di antara zona ini dan zona epipelagik/zona fotik.

3. Zona Bathipelagik atau Zona Abisal (1000-4000 meter)

Zona ini terletak pada kedalaman 1000-4000 meter dan merupakan lapisan laut yang sangat gelap dan sulit untuk ditembus cahaya matahari serta jarang sekali terkena cahaya matahari. Kondisi lingkungan yang sulit membuat spesies yang hidup di zona ini beradaptasi dengan sangat baik, seperti beberapa jenis ikan, krustasea, dan cumi-cumi.

4. Zona Hadal atau Zona Palung (di atas 6000 meter)

Zona ini terletak pada kedalaman >6000 meter dan merupakan bagian terdalam dari laut yang meliputi palung-palung laut yang sangat dalam seperti Palung Mariana di Samudera Pasifik. Kondisi di zona ini sangat ekstrem, dengan tekanan air yang sangat tinggi dan suhu yang sangat rendah dan dingin. Sebagian besar spesies yang hidup di sini adalah bakteri, protista, dan spons. Beberapa spesies ikan juga telah beradaptasi untuk hidup di lingkungan yang sangat ekstrem ini.


Post a Comment for "Pembagian Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12