Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Apa Saja Kandungan dalam Arang Cangkang Kelapa Sawit

Cangkang kelapa sawit merupakan salah satu jenis limbah padat hasil samping dari industri pengolahan kelapa sawit yang saat ini masih menimbulkan permasalahan bagi lingkungan hidup. Hal ini disebabkan karena limbah ini diproduksi dalam jumlah besar dan sukar terdegradasi/terurai secara alami di lingkungan. Menurut Prananta (2009), cangkang kelapa sawit mengandung lignin (29,4%), hemiselulosa (27,7%), selulosa (26,6%), air (8,0%), komponen ekstraktif (4,2%), abu (0,6%). Oleh karena itu, limbah ini sangat berpotensi jika dikembangkan menjadi arang cangkang kelapa sebagai salah satu alternatif pereduksi bijih besi.

Contoh Arang

Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Arang umumnya didapatkan dengan memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain. Arang yang hitam, ringan, mudah hancur, dan meyerupai batu bara ini terdiri dari 85% sampai 98% karbon, sisanya adalah abu atau benda kimia lainnya (Yayat Iman Supriyatna,2012).

Arang selain digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai reduktor.Daya reduksi dari arang ini mampu mereduksi biji besi kualitas rendah menjadi besi murni dengan cara pemanasan pada suhu 600 – 900 oC. Arang yang diaktifkan akan mengalami perubahan sifat – sifat fisika dan kimia (Muallifah dalam Muthmainnah, 2012).

Bahan dasar pereduktor biomassa mulai dikembangkan untuk mengganti bahan dasar pereduktor fosil yang digunakan dalam blast furnace. Bahan bio-reduktor adalah pereduktor yang menggunakan biomassa dalam bentuk liquid, solid, dan gas yang berasal dari biomassa dan cocok untuk mereduksi oksida besi pada blast furnace. Bio-kokas didefinisikan sebagai produk yang dihasilkan dari campuran batubara kokas dan turunan dari produk biomassa, yaitu arang dalam bentuk karbon komposit. Beberapa penelitian telah dilakukan termasuk eksperimen menggunakan arang sebagai reduktor tambahan pada proses blast furnace. Penggunaan potongan arang pada bagian atas blast furnace telah dilakukan dan bisa menggantikan 20% penggunaan kokas (Kusno,2015)

Post a Comment for "Apa Saja Kandungan dalam Arang Cangkang Kelapa Sawit"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12