Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Seni Rupa Aliran

Seni Rupa Aliran

1.SUREALISME
Aliran yang erat hubungannya dengan dunia fantasi, seakan-akan kita melukis dalam dunia mimpi. Lukisan mempunyai bentuk atau lukisan yang tidak logis / seperti khayalan.   

Sudiardjo                                             
Amang Rahman
Andre Masson
Joan Miro
Salvador Dali


2.KUBISME
Aliran seni lukis yang memiliki bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, kubus, segi empat, silinder, lingkaran, bola, kerucut dan kotak-kotak. Memiliki perpaduan warna yang sangat perspektif.

Gezanne
Pablo Picasso
Fernand Leger
Robert Delaunay
Metzinger
Braque


3. ROMANTISME
Aliran seni lukis yang menampilkan lukisan dengan indah dan fantastik. Melukiskan tentang sebuah tragedi, sejarah maupun pemandangan alam dan menampilkan suatu lukisan dengan fantastik. Mengandung kegetiran dan menyentuh perasaan.Warna bersifat kontras dan meriah.

Raden Saleh
Eugene Delacroix
Theodore Gericault
Jean Baptiste.


4.EKSPRESIONISME
Aliran seni lukis yang memberikan kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun menyatakan sensasi dari dalam (baik objeknya maupun senimannya).

Claude Monet
Aguste Renoir
Casmile Pissaro
Sisley
Edward Degas
Mary Cassat


5.POINTILISME
Aliran seni lukis yang menggambarkan sebuah objek menggunakan titik-titik. Objek yang dilukis akan terlihat jelas dari kejauhan, dan agak baur jika dinikmati dari dekat.

Rijaman
Keo Budi Harijanto.
Seurat’s La Parade
Vincent van Gogh.


6.FAUVISME
Aliran seni lukis yang memberikan kebebasan berekspresi, sehingga banyak objek lukisan yang dibuat kontras dengan aslinya. Seni lukisannya ialah warna-warna yang liar dan kontras.

Henry Matisse
Andre Dirrain
Maurice de Vlamink
Rauol Dufi
Kess Van Dongen.



7.REALISME
Aliran yang menampilkan karya lukis apa adanya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari - hari dan berusaha agar lukisan seperti nyatanya tanpa ada tambahan lain.
Gustove Corbert
Fransisco de Goya
Honore Umier

8.NATURALISME
Aliran yang berusaha menampilkan suatu objek lukisan secara alami. Aliran naturalisme ini memang mirip dengan realisme, bedanya naturalisme memiliki suatu tambahan agar menjadi lebih indah. Kebanyakan bertemakan tentang alam

Raden Saleh
Abdullah Sudrio Subroto
Basuki Abdullah
Gambir Anom
Trubus


9.ABSTRAKSIONISME
Aliran aliran seni lukis yang menggunakan bentuk dan warna dalam cara non-representasional. Aliran ini juga dikenal aliran seni lukis yang menghindari peniruan objek secara mentah, memberikan sensasi keberadaan objek dan menggantikan unsur bentuk dan porsinya. Aliran ini dibedakan menjadi 2 yaitu non-figuratif dan abstrak kubistis.

Clyfford Stll
Adolf Got Lieb
Mark Rothko
Robert Montherwell
Bornet Newman
Affandi


10.KLASIKISME
Aliran seni lukis yang menampilkan gambar secara klasik, serta mempunyai karakter dan ciri tersendiri. Aliran Klasikisme banyak ditemukan di nusantara dan di mancanegara. Aliran ini biasanya mengacu pada Romawi dan Yunani. Berisi cerita lingkungan istana.
Bartholome Vignon
Jaques Lovis David
Jan Ingles

11.DADAISME
Aliran yang menyajikan karya artistic dari bentuk yang seram, magic, mengerikan, kekanak-kanakan (naive), terkadang mengesankan. Seni yang tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi.
Roull Haussmann
Duchamp
Hans Arp

12.POP ART
Pop Art merupakan aliran seni lukis yang melawan kebosanan dan kejenuhan terhadap seni lukis tanpa objek (sasaran). Karya seni lukis pop art sebagian besar berupa seni lukis karikatur yang memuat sindiran, kritik atau humor. Objek biasanya berupa manusia yang digambarkan dalam perspektif/cara pandang lain.

Ris Purnomo
Nyoman Nuarta.
George Segal
Tom Wasselman
Yoseph Benys


13.OPTIK
Optik merupakan aliran seni lukis yang menggambarkan sebuah objek manipulasi visual yang dapat menipu mata. Gambar berupa bentuk sederhana dan tidak memiliki detail yang rumit.
Agus Djaja.
Bridget Louise Riley
Walter Gropius.

Post a Comment for "Seni Rupa Aliran"

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12