Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Gerak Passing dan Pola Penyerangan dalam Bola Basket

Gerak mengoper bola pada bola basket(Passing)
Teknik mengumpan pada prinsipnya dilakukan untuk mengarahkan bola kepada rekan satu tim. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara melempar bola kepada rekan satu tim setelah menggiring bola dengan satu atau dua tangan.
Terdapat enam jenis passing yang sering ditemukan dalam permainan bola basket:
1. Overhead Passing: Teknik ini dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala.
2. Overhead passing biasa digunakan ketika pemain dikepung oleh lawan.
3.Chest Pass: Teknik mengumpan dengan cara melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan. Chess past biasa diterapkan ketika mengumpan bola pada rekan yang berada dekat dari kita. Agar tidak mudah terbaca lawan, pemain biasanya menggunakan gerakan tipuan ke arah lain.
4.Baseball Pass: Teknik melempar yang mirip dengan gerakan melempar bola pada permainan baseball. Teknik ini sering digunakan untuk mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.
5.Bounce Pass: Teknik memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk menghindari hadangan lawan.
6.Hook Pass: Teknik yang dilakukan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan lawan.
Under Pass: Teknik mengumpan yang dilakukan dari arah pinggang.

Pola penyerangan dalam bola basket
Secara umum, ada 6 macam bentuk pola penyerangan dalam permainan bola basket yang dipakai untuk pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Berikut macam-macam pola penyerangan dalam basket:

1. Set offens
Set Offens merupakan serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai akhir penyelesaian untuk satu kali pertandingan, disebut juga finishing   tought. Serangan ini di lakukan secara bertahap dan lebih lambat sehingga lawan tidak menyadarinya..

2. Fast break.
Fast Break adalah serangan yang di lakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya  sendiri. Tujuan serangan cepat adalah menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas untuk mencetak gol.

3. Shuffele.
Suatu sistem penyeranagn yang di lakukan oleh semua pemain dalam satu tim yang bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain dengan pola yang teratur sesuai rencana guna membuka atau mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol.

4. Double Pivot Offence.
Cara menyerang suatu tim dengan menempatkan dua pemain masing-masing tepatnya pemain yang bertubuh jangkung di daerah yang jauh di sudut daerah  pertahanan lawan, posisinya yaitu satu di ujung kiri dan satu diujung kanan.

5. Give And Go Weave.
Give and go weave adalah serangan bergerombol pergi dan datang. Yaitu suatu cara menyerang tim lawan yang melibatkan lima pemain untuk terus bergerak sambil saling mengoper dengan tujuan untuk mencapai daerah pertahanan lawan. Pembuat pola dan yang mengatur serangan,biasanya di lakukan oleh seorang pemain inti.

6. Drive,Driving
Drive Driving adalah penyerangan dengan gerakan cepat dan agresif oleh seorang penyerang yang mendribble bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar   untuk mencetak gol.

Post a Comment for "Gerak Passing dan Pola Penyerangan dalam Bola Basket "

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12