Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Klasifikasi Polimer Blending

Secara umum, campuran polimer dapat diklasifikasikan berdasarkan konstituennya dan berdasarkan miscibility. Berdasarkan konstituennya, polymer blend diklasifikasikan menjadi rubber/rubber blends, rubber/plastic blends, dan plastic/plastic blends. Berikut ini merupakan contoh klasifikasi polymer blending berdasarkan konstituennya (Thomas and Ajitha, 2020)

Berdasarkan miscibility, polymer blends diklasifikasikan menjadi campuran polimer homogen (miscible pada tingkat molekuler), compatible blends, dan heterogen (immiscible).

1. Miscible polymer blends

Miscible atau homogeneous polymer blends adalah campuran yang menghasilkan campuran polimer dengan struktur fase tunggal. Miscible polymer sering dibuat dari polimer dengan struktur kimia. Miscible polymer blend memiliki satu suhu transisi gelas dan memiliki sifat rata-rata yang nilainya berada di antara nilai komponen penyusunnya. Campuran ini memiliki nilai free energy of mixing yang negatif: ΔGm ≈ ΔHm ≤ 0. Contoh miscible polymer blend adalah poly(styrene) (PS)– poly(phenylene oxide) (PPO) dan poly(styrene-acrylonitrile) (SAN)–poly (methyl methacrylate) (PMMA) (Thomas et al., 2015).

2. Compatible blends

Compatible blends menunjukkan morfologi fase halus dan sifat yang lebih baik. Dalam kasus sebagian miscible blends, satu bagian dari komponen campuran dilarutkan di bagian lain. Kedua fasa campuran adalah homogen dan memiliki T masing-masing dan kedua T digeser dari nilai komponen campuran murni menuju T komponen campuran lainnya. Campuran polikarbonat (PC)/akrilonitril-butadiena- stirena adalah contoh untuk campuran yang dapat larut sebagian (Thomas and R., 2020)

3. Immiscible Polymer blends

Immiscible polymer blends merupakan campuran yang polimer penyusunnya tersusun pada fase yang berbeda, dan terdapat dua suhu transisi gelas. Immiscible polymer blend adalah campuran yang memiliki free energy of mixing ΔGm ≈ ΔHm > 0. Contoh immiscible polymer blend adalah poly(propylene) (PP)– PS dan poly(propylene)–poly(ethylene) (PE) (Thomas et al., 2015)

Post a Comment for "Klasifikasi Polimer Blending "

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12