Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Pengendapan (Sedimentasi)

Sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut oleh air angin atau gletser. Tempat pengendapan ini biasanya terjadi di sekitaran air aliran sungai di dasar laut atau danau atau ditandai titik pengendapan dapat mengakibatkan dasar laut sungai maupun Danau semakin lama akan makin dangkal. Bentuk bentuk morfologi akibat proses pengendapan antara lain floodplain Delta dan Tombolo.
1. Flood Plain
Flood plain atau dataran banjir dibedakan menjadi 4 yaitu
a. Channel Bar adalah endapan yang ada di tengah lembah atau sungai.
b. Delta Bar adalah endapan di Muara anak sungai pada sungai induk.
c. Meander adalah endapan yang terdapat di tikungan dari meander
d. Tanggul alam adalah pegunungan rendah di tepi sungai yang terbentuk akibat banjir.
Pada dasarnya bagian dalam sebuah belokan di Muara angkutan sungai itu diendapkan di atas adalah salah satu bentuk endapan sungai titik Setelah batu-batu itu tertimbun dan membentuk lekukan ke bagian ujung mengikat diri menjadi batuan breksi atau konglomerat.
2. Delta
Delta merupakan depan yang terdapat di muara sungai dan bentuknya seperti segitiga. Syarat-syarat terbentuknya suatu delta adalah cukup bahan yang diangkut dapat Mineral mineral berupa pasir dan lumpur yang akan diendapkan titik gelombang dan arus laut Tidak besar pantai landai dan dangkal bentuk pantai mempengaruhi bentuk peta dan tidak terjadi penurunan sungai.
3.Tombolo
Tombolo adalah suatu tanggul pasir alami yang menghubungkan daratan dengan pulau-pulau yang berada di dekat pantai titik Tombolo terbentuk pada laut yang tidak terlalu dalam dan mempunyai teluk yang tidak terganggu oleh arus laut.

Post a Comment for "Pengendapan (Sedimentasi) "

https://www.highrevenuegate.com/rm48sp80?key=80ede93ca6008ab42dbbb3a76c641f12